Kamis, 16 Desember 2010

Langakah Melakukan Text to Speech atau Speech to Text Pada Microsoft Word 2003


            Di Microsoft Word 2003 terdapat fasilitas Speechrecorgnation. Jika anda mengaktifkan fungsi ini anda dapat melakukan beberapa hal antara lain :
  1. Membuka menu dengan perintah Suara melalui Microphon, Anda dapat membuka menu-menu seperti File, Edit, View, Format dll dengan perintah Suara (Voice Command)
  2. Mendengarkan apa yang kita ketik (Text to Speech), Anda dapat mendengarkan computer membaca tulisan anda dengan menu Speak.
  3. Mengetik pada Microsoft Word dengan pengucapan (Speech to Text), anda dapat mengetik di macrosoft word dengan pengucapan kata-kata melalui microfon ke halaman kertas pada Microsoft word dengan menu Dictattion.
  4. Handwriting, dimana dengan fungsi ini anda dapat menulis tangan melalui mouse dan hasi tulisan dicetak pada halaman Microsoft Word
  5. Write Enywhere, dengan fasilitas ini anda dapat menulis  tangan dengan menggunakan mouse di seluruh area monitor dan akan di terjemahkan di halaman Microsoft Word dengan tulisan cetak

Fungsi ini untuk Microsoft Office 2007 telah dihilangkan, untuk dapat melakukan fungsi ini anda harus melakukan beberapa langkah antara lain :
  1. Aktifkan fungsi Speech pada Control Panel, caranya : klik Start, klik icon Sound, speech, and audio device, lalu klik icon Speech.
  2. Klik New , lalu masukkan profile nama pengguna, dimana pada profile ini akan di rekam jenis suara orang yang menggunakannya, jadi dengan kata lain hanya jenis suara dengan nama profile tersebut yang dapat menggunakan fasilitas ini lalu klik Ok.
  3. Klik Configuration Microphone
  4. Kemudian akan muncul jendela baru yaitu Microphone Wizard (Pastikan Headsed lengkap dengan microphone telah terpasang pada port sound card anda) lalu klik Next
  5. Akan muncul Jendela baru untuk tes Microphone, melalui microfon bacakan tulisan yang ada diatas “I am using the Microphone Wizard. It is adjusting the volume of my microhone”. Setelah tombol Nextnya aktif klik tombol Next.
  6. Berikutnya akan muncul test pengucapan, baca kalimat yang disediakan yaitu “This papaya tastes perfect” Komputer  akan merekam suara anda dan memperdengarkannya kembali melalui headsed atau speaker, lalu klik Finish.
  7. Buka aplikasi Microsoft Word
  8. Setelah Microsoft word terbuka klik menu tools, lalu klik menu Speech
  9. Akan muncul jendela pesan, klik OK
  10. Akan muncul kembali jendela yang sama seperti langkah 4-6
  11. Setelah itu  akan muncul jendela Voice Training, fungsinya agar computer mengenal jenis suara anda dan akan dipergunakan untuk fasilitas Voice Recorgnation. Klik Next.
  12. Berikutnya akan muncul jendela baru klik tombol Sample lalu klik Next
  13. Pada jendela baru akan diberikan beberapa kalimat, dan anda harus membaca keseluruhan kalimat tersebut sampai selesai, tujuannya agar computer mengetahui aksen, logat dan nada bicara anda dan akan di simpan pada profile yang telah di tentukan, setelah selesai anda membaca seluruh teks yang di sediakan computer akan menyimpan hasil training anda dan muncul jendela baru lalu klik Finish.
Anda sekarang dapat menggunakan fasiltas foice recorgenation

0 comments:

Posting Komentar

 

CATATAN kecilku. Template by Ipietoon Cute Blog Design