Selasa, 21 Desember 2010

Makanan Penambah Semangat di Pagi Hari

Apakah anda merasa tidak bersemangat di pagi hari??? Kali ini saya ada tips makanan penambah semangat di pagi hari dari kompas.com.

Coba anda tambahkan beberapa makanan  dalam menu sarapan anda supaya menambah energi untuk beraktivitas.

Untuk Anda yang tidak menderita diabetes, coba tambah satu sendok gula di kopi Anda atau madu di smoothie Anda. Rasa manis akan mencetuskan acetylcholine, zat di otak yang meningkatkan kemampuan memori. Namun, jangan terlalu banyak karena Anda bisa merasa mengantuk. Rasa manis berlebihan bisa meningkatkan serotonin, yang bisa memicu keinginan untuk tidur.

Bahan bakar utama otak adalah glukosa, yang utamanya didapat dari karbohidrat. Jadi, setelah semalaman berpuasa saat tidur, otak butuh tambahan energi. Namun, tidak butuh terlalu banyak. Roti atau sereal yang terbuat dari gandum utuh bisa membuat Anda lebih bersemangat, dan kenyang lebih lama.

Salmon mengandung lemak esensial yang dikenal dengan DHA, yang sebanyak 97 persen membuat omega-3 di otak. Otak Anda butuh zat ini cukup banyak untuk memberikan kekuatan mental. Sebagian dari tugas DHA adalah membersihkan racun yang membuat otak Anda merasa terbebani dan suntuk.

Makanan pedas menambah aliran darah, untuk memanaskan mesin tubuh Anda. Jika tomat terlalu asam untuk Anda di pagi hari, coba tambahkan satu sendok teh jahe di dalam teh atau minum smoothie dingin di pagi hari karena efeknya sama.

Kedelai mengandung isoflavon yang membantu mencerahkan pikiran (melawan kehilangan ingatan juga). Minum segelas susu kedelai yang diperkaya kalsium, tuangkan dalam sereal yang terbuat dari gandum utuh, atau tambahkan tahu yang dipotong-potong ke dalam telur orak-arik.

Segelas air dingin akan membuat darah mengalir. Rasa dingin akan mengagetkan sistem tubuh untuk melawan temperaturnya sehingga membuat metabolisme Anda sedikit terdorong.

7. Kopi
Tentu, siapa yang tak tahu kehebatan secangkir kopi untuk membuat tubuh segar di pagi hari. Namun, batasi asupan kopi Anda karena terlalu banyak justru akan membuat Anda jadi kebal terhadap kemampuannya.

Permen yang “nendang”Simpan permen jahe, atau permen mint yang sangat kuat di samping tempat tidur. Makanlah sebutir ketika alarm pagi hari Anda berbunyi. Agak sulit untuk kembali tertidur setelah rasa “nendang” itu ada di dalam mulut.


Selamat mencoba, semoga menjadi penambah semangat di pagi hari.

0 comments:

Posting Komentar

 

CATATAN kecilku. Template by Ipietoon Cute Blog Design