Senin, 20 Desember 2010

Berbagai minuman Beralkohol Lokal Indonesia

Sekarang ini banyak sekali minuman beralkohol lokal Indonesia... Saya akan coba bagikan ke rekan-rekan semua sebagai informasi saja. Mungkin dari beberapa minuman dibawah ini teman-teman pernah mendengarnya melalui sosial media ataupun televisi, dan surat kabar.
Yang perlu teman-teman ketahui, minuman-minuman keras lokal dari berbagai daerah di Indonesia bermacam- macam. Maaf kalau menyebutkan MEREK atau PRODUK, bukan maksud promosi, apalagi dagangan... yah... cuma SHARE AJA.


Spoiler for 1. JAKARTA
Intisari adalah minuman lokal yang khas dari Jakarta. Kaum-kaum menengah ke bawah pasti mengenal minuman ini. Dengan brand jamu, Intisari menjadi minuman lokal tak terkalahkan di Jakarta karena harganya yang terjangkau, sering disebut dengan inex=intisari nexat.

Spoiler for 2. JOGJAKARTA
Trotoar adalah satu dari beberapa minuman khas yang disebut Lapen di Jogjakarta. Ada juga lapen Pajeksan dan lapen Sardjito, tetapi Trotoar merupakan lapen paling lengkap karena ada bermacam-macam rasa di sana. Lapen adalah minuman lokal yang cukup keras tetapi mempunyai rasa buah tergantung jenisnya.

Selain lapen, ada juga tangkur, yang sering dibuat jamu oleh masyarakat Jogja karena berkhasiat menghilangkan pegal-pegal.
Spoiler for 3. Solo
Biasanya Ciu Solo hanya ditempatkan pada botol air mineral karena ciu sangat jernih. Ciu merupakan penyulingan dari berbagai bahan, contohnya tebu dan tape. Ciu Solo merupakan ciu paling terkenal daripada daerah lain di Indonesia. Bekonang merupakan salah satu desa penghasil ciu terbesar di Solo. Memasuki area Bekonang, bau ciu sudah tercium dari jalan.
Spoiler for 4. Bali
 Bali mempunyai Arak paling enak dari seluruh daerah di Indonesia. Arak Bali mempunyai rasa yang khas, sehingga banyak orang datang ke Bali untuk sekedar membeli arak yang khas tersebut.

 Arak seringkali disangkutpautkan dengan Brem. Brem Bali adalah makanan yang berasal dari sari Tape ketan murni di proses dengan sangat special dan unik memberi sita rasa Brem yang manis tanpa rasa masam.
Dapatkan keunikan rasanya. Sensasi Brem Bali ini muncul ketika makanan di masukkan ke dalam mulut akan langsung mencair dan lenyap meninggalkan rasa 'semriwing' di lidah.
Walaupun Brem juga terdapat di daerah timur seperti Nusa Tenggara, Maluku, tetapi Brem Bali terkenal paling enak.


Spoiler for 5. Papua

Milo adalah minuman lokal yang diproduksi secara tradisioanal yang bisa ditemukan disetiap kota yang ada di pesisir tanah Papua.
Di kota Jayapura, Biak dan Merauke, milo yang terbuat dari sari pohon kelapa diberi nama Saguer. Sedangkan di kota Serui, Nabire, Sorong dan Sarmi, mereka menyebut milo asal daerah mereka, Bobo. Konon sari minuman lokal ini didapatkan dari pohon bobo yang tumbuh dipinggiran sungai.
Jika dibandingkan kadar alkohol saguer dengan minuman tradisional lainnya seperti CT (cap tikus) dari Sulawesi memang tidak seberapa. Dari segi rasanya pun saguer terbilang lebih ringan.
Minuman lokal yang satu ini rasanya sedikit manis dan keasam-asaman, dan berwarna putih keruh. Namun jika diminum dalam jumlah yang banyak, tidak menutup kemungkinan Anda dapat terkapar dibuatnya.
Apalagi harganya sangat murah jika dibandingkan dengan minuman lain.
Spoiler for 6. Sulawesi, Kalimantan
 Tuak adalah sejenis minuman yang merupakan hasil fermentasi dari bahan minuman/buah yang mengandung gula. Tuak sering juga disebuat pula arak adalah produk yang mengandung alkohol. Bahan baku yang biasa dipakai adalah: beras atau cairan yang diambil dari tanaman seperti nira kelapa atau aren, legen dari pohon siwalan atau tal, atau sumber lain.Beberapa tempat di Pulau Madura dahulu dikenal sebagai sebagai penghasil tuak, namun orang Madura tidak mempunyai kebiasaan minum yang kuat. Saat ini dapat dikatakan sangat sedikit orang Madura yang minum tuak atau arak. Pada saat ini masyarakat Tapanuli (Sumatera Utara),khususnya etnis Batak menganggap bahwa Tuak berkhasiat menyehatkan badan karena mengandung efek menghangatkan tubuh.
Semoga informasinya bisa bermanfaat..

hehhehe...

3 comments:

  1. yg ini saya udh minum intisari,tuak yg lainnya blm mau dong haha

    BalasHapus
  2. Ciu boleh di coba kalau blm prnh minum dahsyat , 70% kandungab alkoholnya

    BalasHapus
  3. Agenpoker.biz merupakan solusi judi poker online terbaik dalam permainan poker. Segera daftarkan diri anda dan dapatkan Bonus Depo New Member dan Bonus Pulsa.
    Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !

    BalasHapus

 

CATATAN kecilku. Template by Ipietoon Cute Blog Design